Program Sarjana Pendidikan Biologi dan Program Sarjana Biologi

1.STATISTIKA DASAR  (BI0517)

RUANG S 302 JAM 9:30

Tujuan : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memahami peranan statistika dalam pengumpulan, pemrosesan dan penyajian data, memahami berbagai teknik pengolahan data sesuai dengan permasalahan dan tujuannya. memahami probabilitas sebagai dasar statistika. Membedakan statistika parametrik dan non parametrik berdasarkan karakteristik dari data. Memahami secara filosofi penggunaan statitika inferesnisal dan statistika deskriptif. Menentukan uji statistika yang seseuai dengan data dan permasalahan yang ingin dipecahkan terutama untuk bidang penelitian biologi.

Deskripsi: Mata kuliah ini disampaikan dengan ceramah, diskusi, latihan-latihan dan penugasan. membahas tentang: Pengertian dan peranan statistika, jenis-jenis pengukuran, presisi dan akurasi data, populasi, sampel, dan metode sampling, probabilitas, tendesi sentral, variabilitas, perbedaan statistika deskriptif dan inferensial. Uji statistika parametrik dan non parameterik, baik uji korelasional maupun uji perbandingan rata-rata.

Rincian Materi kuliah :

pertemuan pertama : Pendahuluan: sejarah, filosofi dan implemtasi statistika untuk penelitian biologi

Pertemuan kedua: Pemahaman dan pengertian statistika:, peranan statistika variabel bebas dan variabel terikat. Skala pengukuran: skala nominal, ordinal, interval dan rasio.

Pertemuan ketiga:Populasi, sampel dan teknik pengambilan sampel

Pertemua keempat: Statistika deskriftif

Pertemuan kelima: Pengukuran gejala pusat, pemahaman variansi, standar deviasi

Pertemuan keenam:pemahaman: skor standar dan kurva normal, penghitungan skor standar dan penggunaan kurva normal dan pemeriksaan distribusi norma pad adata berkelompok dan tidak berkelompok.

Pertemuan ketujuh: pemahaman statistika parametrik dan non parametrik

Pertemuan ke delapan: Pemahaman korelasi, koefisien korelasi dan perhitungan koefisien korelasi.

Pertemuan kesembilan: Ujian tengah semester

Pertemuan kesepuluh: statistika parameterik:

Pertemuan kesebelas: Pemahaman dna perhitungan uji t

Pertemuan keduabelas: Pemahaman dan perhitungan Anava

Pertemuan ketigabelas: analisis korelasi

Pertemuan keempat belas: Statistika non parameterik

Pertemuan ke lima belas: Koefisien korelasi spearman

Pertemua keenambelas: Review

Pertemuan ketujubelas: Ujian Akhir semester

Sofware yang digunakan: Minitab atau SPSS

Buku rujukan:

Gaspersz,V. 2002. Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan. Tarsito. Bandung.

Hanafiah,A.A. 2006. Rancangan Percobaan Aplikatif. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hasan,I. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistika. Bumi Aksara. Jakarta

Manly, B.F.J, 2000. Statistic for enviromental Science and Management. Chapman and Hall. Boca Raton, Florida.

Mattjikk, A.A dan Sumertajaya.I.M. 2006. Perancangan Percobaan: Dengan Aplikasi SAS dan Minitab. IPB Press. Bogor.

Sudjana, 1992. Statistika Dasar. Tarsito. Bandung

 

2. Ekologi Landskap

Matakuliah ini adalah mata kuliah pilihan di Jurusan Pendidikan Biologi untuk program pendidikan Biologi. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan dapat memahami konsep ekologi lansekap tentang struktur dan fungsi serta perubahan keragaman dalam suatu bentang alam oleh adanya perubahan, perencanaan dan pelestarian bentang alam dalam skala ruang dan waktu. Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai konsep ekologi landskap, hubungan landskap dan proses ekologi, organisasi dan pola landskap, biota dan pola spatial landskap, struktur landskap (koridor dan patch), gangguan dan perubahan landskap, perubahan bentang alam terhadap biota dan biodiversitas, prinsip konservasi dan pengelolaan landskap alat bantu dalam pengamatan bentang alam, model dalam ekologi landskap,. Aplikasi ekologi landskap, arsitektur landskap dan masa depan ekologi landskap. Perkuliahan ini dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah mengambil matakuliah ekologi umum. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, diskusi, presentasi, dan pengamatan yang dilengkapi dengan penggunaan LCD, OHP, simulasi komputer, juga pendekatan inkuiri dalam rangka tugas pengamatan ekologi landskap dan penggunaan alat-alat yang berkaitan dengan ekologi landskap. Penilaian hasil belajar mahasiswa meliputi UTS dan UAS, penilaian terhadap tugas, penyajian, diskusi dan laporan praktikum.

3. Fitoteknologi

Matakuliah ini adalah mata kuliah pilihan di Jurusan Pendidikan Biologi untuk program studi pendidikan biologi/Biologi. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan tentang aplikasi yang melibatkan rekayasa ekosistem dengan memanfaatkan tumbuhan untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Pada matakuliah ini dipelajari mengenai rekayasa ekologi dengan memanfaatkan fitoteknologi yang berdasar pada ilmu ekologi dimana ekosistem merupakan kumpulan komponen yang bersifat intregatif yang dapat diintrevensi untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi. Kasus rekayasa ekosistem yang ditelaah terdiri dari Fitoteknologi sanitasi, remediasi lingkungan, ekorestorasi, pembentukkan habitat, bioenergi, Green roof technology, penyerapan karbon, Vegetatif landfill cap, dan sistem rerkayasa lahan basah.   Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, diskusi, presentasi, dan studi lapangan yang dilengkapi dengan penggunaan LCD, OHP, simulasi komputer, juga pendekatan inkuiri dalam rangka tugas pengamatan dan penggunaan alat-alat yang berkaitan dengan fitoteknologi Penilaian hasil belajar mahasiswa meliputi UTS dan UAS, penilaian terhadap tugas, penyajian, diskusi dan laporan praktikum.

 4. Ekowisata

Matakuliah ini adalah mata kuliah pilihan di Jurusan Pendidikan Biologi untuk program studi biologi/pendidikan biologi. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan tentang konsep ekowisata sebagai salah satu alternatif strategi pengelolaan sumber daya alam yang mengembangkan green economy bagi masyarakat sekitar kawasan konservasi. Pada perkuliahan ini akan dibahas mengenai konsep ekowisata, prinsip konservasi dan teknik-teknik pengembangan ekowisata di area konservasi. Perkuliahan ini dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah mengambil matakuliah ekologi umum. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, diskusi, presentasi, dan studi lapangan yang dilengkapi dengan penggunaan LCD, OHP, simulasi komputer, juga pendekatan inkuiri dalam rangka tugas pengamatan ekowisata dan penggunaan alat-alat yang berkaitan dengan ekowisata. Penilaian hasil belajar mahasiswa meliputi UTS dan UAS, penilaian terhadap tugas, penyajian, diskusi dan laporan praktikum.

5. Fisiologi Tumbuhan

6. Botany Cryptogamae

7. Pengetahuan Lingkungan

8. Biologi Umum

9. Ekologi

Program: IPSE (International Program On Science Education)

1. Science in Daily Life

2. Basic Technology Education

Sekolah Pasca Sarjana

1. Pendidikan Lingkungan Hidup

2. Biologi Lingkungan

3. Ekologi Manusia

 

7 responses »

  1. agie says:

    kuliahnya menarik pak…

  2. vera says:

    bpk hari ini knp ga hadir…..????

    • wahyusurakusumah says:

      Maaf saya sudah sampaikan ke ketua kelas Andri ……. kuliah hari rabu 2 minggu ini minta diganti ke senin
      belum ada kabar dari ketua..bagaimana bisa?

  3. agie says:

    wah ketua kelas tidak memberi kabar pak..
    jadi rabu minggu ini jg bapak berhalangan hadir?
    bagaimana kalau diganti tugas aja pak…

  4. wahyu s says:

    Bagaiman tugasnya ada kesulitan tidak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s